Tuesday, November 13, 2012

Live Your Life To The Fullest!



All, seumur-umur baru kali ini aku nonton Mister Tukul Jalan-Jalan yang nongkrong manis tiap minggu malam di Trans 7 pake acara nangis..
Bukan nangis gaya sobbing lagi tapi ini beneran nangis model `bursting into tears`, walopun ga sampe bikin tetangga sekelurahan bangun.. ˛
Why~Oh~Why??

Mau tau gara-garanya?
Kota tujuan si Mister buat jalan-jalan kali ini adalah the capital city of East Java Province..
Yup, tetangga deket aja ~ yang demi ke kota ini tuh, aku dengan bahagianya dulu spent more than 2 years-ku tidur di belaian Mama Panda tiap Senin pagi dan Jumat malem

Okelah.. awalnya aku bikin nyambi aja dengerin acara ini di mivo.tv sambil bikin ketikan di space lain netty-ku (perhatian: TV di kamar lagi ngambek ‘cus si Kitani lagi rewel colokannya!).. badan masih berasa mushy karena flu masih belum totally pergi tapi gimana ya ~ nih mata beneran belom mau beranjak ke 5 watt...

Tim MTJJ kali ini beranggotakan 4 orang ~ Mister Tukul as Host, si imut Kak Citra Prima as co-host, Mbah Bejo paranormalnya and Jenny Cortez bintang tamunya.. plus beberapa narasumber di tiap obyek yang didatangi...
Bukan tanpa sebab obyek pilihan untuk jalan-jalan kali ini jatuh di Surabaya..
Yes, it’s National Heroes’ Day here in our beloved country.. :)
Diperingati tiap tanggal 10 November karena tepat 67 tahun lalu, terjadi heavy fighting antara tentara kita dengan British Allied Forces di Surabaya.. hmmm, it really was a story!!

Nah sependengaranku, obyek yang didatangi kali ini cuman 2 – pertama adalah Gerbong Maut ~yang sayangnya~ ga terlalu aku simak keseluruhan ceritanya but the point is nih gerbong dulunya ada 3 rangkaian (yang keshoot TV cuman gerbong ketiga – dan aku inget nomor gerbongnya itu GR 10152), di mana tragisnya – seperti cerita-cerita Gerbong Maut which we used to hear, rakyat yang terangkut di gerbong ketiga ini (berjumlah 38 orang) semuanya meninggal dengan menyedihkan (Ya Allah, sayangi mereka dan tempatkan mereka di sisi-Mu L).
*Eh, aku nemu blog yang nyeritain kisah Gerbong Maut ini.. aku juga denger kemarin, memang kisah ini masih nyambung dengan kota Bondowoso ~ let’s check it out yuk Guys! (http://bondowosocity.wordpress.com/)

Kisah Gerbong Maut ini udah lumayan bikin aku feel so touched karena narasumbernya emang pejuang asli tahun 1947 dulu yang masih hidup sampai sekarang ditambah explanation Mbah Bejo dan Kak Cit-Prim soal residual energy yang tersisa dari masa lampau.. *teng-tong!



Here we gooo... obyek kedua adalah Jembatan Merah – sounds famous, doesn’t it? :)
Di sini ini yang singkat banget but dengan suksesnya giving my skin goosebump loooh... bukan karena takut ya! tapi karena merinding bayangin yang terjadi di masa lampau.. ~~μ`。)~~


Di Jembatan Merah ini, hanya Mbah Bejo ama Kak Citra yang jadi main playernya – si Mister dan JC mungkin lagi took a break... biasanya memang ada sedikit waktu untuk paranormal `to have a sight` ~ semacam membaca situasi dan kondisi di lapangan.. pokoknya menangkap apapun lah yang bisa `tercapture` oleh kesemua inderanya sebelum kasih penjelasan ke kita-kita yang duduk anteng di rumah dan kagak bisa `ngliat` apa-apa (mending gini!)..


Lah kok ya, Mbah Bejo ini completely speechless... hanya bisa menerawang di pinggir jembatan (bukan menerawang dalam artian mistis tapi melihat ke arah yang jauh gituuu).
Maunya bercerita, tapi sumpah! beliau hanya menangis (nangis beneran rek!)
Kak Citra yang berdiri di sebelah beliau awalnya mau mencoba menggantikan Mbah Bejo giving any explanation gitu... tapi sama ae ~ air mata juga yang akhirnya keluar.. :(

Kata Kak Citra, di Jembatan Merah ini, yang tersisa adalah residual energy atawa rekaman masa lalu yang.. (aku juga bingung nih mau nulis pake kata apa!) ~ jadi yang tertangkap di indera beliau-beliau ini bukan makhluk-makhluk astral yang berpenampakan seram seperti di tempat-tempat angker... kata Kak Citra, sapapun (walo dia ga punya kemampuan khusus), yang mungkin sedang lewat di jembatan ini pas malam hari, coba untuk berdiri dan diam terpekur sejenak ~ nah, katanya bisa loh merasakan `something different` *merefer ke residual energy tadi..
Hmm, new term dan ini logis.. pantes aja ya, bangunan-bangunan tua itu – mau di Indo, mau di luar sono, pasti punya sisi misteri – semacam kisah masa lalu yang ikut terekam di fisik mereka (subhanallah ya berasa kayak orang aja ~ banyak banget misteri Ilahi yang musti digali nih J).

Hiks! yang ga bisa aku lupa itu wajah Mbak Bejo ama Kak Citra yang sedih banget, bahkan sampai saat aku nulis postingan ini... pasti sedih ya kalo `bisa` liat film asli perjuangan para pahlawan di masa lalu... katanya sih heroik traumatik banget (secara Guys, dengan peralatan minim melawan penjajah yang punya kekuatan kayak gitu! – benar-benar atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa!).
Mana di sela-sela scene ini, diselipkan potongan-potongan film hitam putih tentang perjuangan kemerdekaan negara kita dulu (yang biasa di film-film dokumenter dan di pojok bawahnya tertulis ARSIP NASIONAL RI).
Sayang, di YouTube/Website Trans 7 tayangan ini belum ada yang ngepost – pengen banget liat lagi... LL

Jadi bagiku, komplit sudah tayangan kemarin malam.. bahkan sebagai almost-closing-scene-nya, Mbah Bejo memekikkan kata “MERDEKAAAA!!!” sambil memberikan hormat ke arah luar jembatan itu.. sumpah – aku beneran bayangin pertarungan itu sedang berlangsung kemarin malam..

Oh ya, they also put my favourite song "Tanah Airku" as a backsound which made me thrilling even more.. huwaaaaaaaa Mamaaaaaaaaaaaaaaaa...... 
T_____________________________T

Mungkin yang bikin nguras emosi itu adalah ironi antara sejarah di masa lalu dengan `cikal bakal sejarah` yang akan tercetak di masa depan tentang persoalan bangsa Indonesia di masa kini ~ hmmm.. Indonesia ini baru merdeka 67 tahun tapi kenapa udah seruwet ini ya persoalan bangsanya (terutama soal budaya korupsi itu yang bikin getem-getem ~ bahkan saking getemnya, aku cuman berharap sama pengadilan akhiratnya Allah SWT!). Setuju ga sih kalo korupsi itu pembunuh nomor satu di dunia???? ya ga? yang bikin kemiskinan sampai berujung kematian itu..
( ́_ ̀)

Ayo ayoooo... yang generasi muda... do’a yang banyak yuk semoga kita bisa terhindar dari sifat-sifat tercela yang dilaknat Allah SWT.. semoga kita bisa menjadi generasi yang amanah.. yang berakhlak karimah juga..

And the best gratitude we can ever show for our national independence day is TO LIVE YOUR LIFE TO THE FULLEST! Bismillah.... JJ
*Bobok dulu yaaaaa.... it’s almost 2 a.m here..