Saturday, December 1, 2012

Whatever..


Saturday, December 1, 2012

Semakin dipikir..
Semakin aku menyadari betapa annoyingnya kata ‘Whatever’ – English, ‘Terserah’ – Indonesian, ‘Sakarep’ – Javanese!


Coba deh perhatiin – kalo ada 2 orang lagi tengkar (biasanya sih cewek :P), yang seorang sampai ngeluarin kata ‘Whatever’ (apalagi kalo dilanjutin dengan kata dan kalimat provokatif lain semacam “Emang masalah buat looo?” – *LOL*) pasti pihak yang lain langsung panas tuh ubun-ubunnya minta ditiup – huuuffftttt..
The word itself (plus the way you say it) is really intimidating!!



Case lain, konon – katanya kalo seorang cewek (lagi?) bilang ‘Terserah’ ke BF-nya, makna sesungguhnya tuh – si cewek (sebenarnya) punya mau dan maksud sendiri – “So please, don’t offer me another option!” – kurang lebih seperti itulah..

Terus lagi, pengalaman aku and sohib-sohibku (paling sering terjadi kalo kita lagi memilih tujuan hang out dan makan!) – kata ‘Sakarep’ pasti berujung pada ketidakfokusan dan ujung-ujungnya malah bisa batal tuh acara kalo gak ada yang mau ambil inisiatif dulu..

Nah aku sendiri, dulu pas jaman kuliah paling seneng mengumbar kata “Terserah, aku nurut ae!” – yang berarti emang bener-bener-bener terserah ke mana angin membawa kaki kami melangkah dan mulut kami mengunyah, karena bagiku (waktu itu) semua pilihan sama bagusnya, jadi gak akan ada penyesalan (cieh!) pada keputusan apapun yang diambil kelompok.

Tapi itu dulu...

Sekarang aku cuman bilang kata ‘Terserah’ dalam urusan memilih makan – dengan alasan yang masih kupertahankan mulai dulu: karena semua pilihan sama enaknya, atau karena dari semua pilihan aku gak pernah tau rasanya jadi bingung mau pilih yang mana – dan kalopun aku harus menyeploskan kata ini, pasti aku barengi dengan kalimat-kalimat permintaan pendapat, such as: “Yang enak yang mana nih?”, “Kalo yang ini gimana?”, sebagai bentuk ketertarikanku pada sesuatu (‘ngregani sing duwe gawe’ kalo bahasa Jawanya!).

Jadi beneran deh, aku males pol denger kata ini sekarang!
нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ™

“Whatever”

Kata paling nggantung sedunia..
Doesn’t mean YES, neither NO..
Bisa berarti lebih males dari kata MALES itu sendiri..
Kata yang berkesan melemparkan tanggung jawab untuk memilih ke orang lain..
Kata yang bisa langsung mengindikasikan betapa tidak inisiatifnya kita..

So, in any case, I will avoid using this word J



P.S:    Whatever yang dimaksud di sini adalah Whatever = Terserah (ex: “Whatever, I don’t really care!”), bukan Whatever = Apapun (ex: “You can do whatever you want!”).