Saturday, December 1, 2012

Self Reflection: Part 1




Thursday, November 29, 2012

Lagi asyik-asyiknya ngepel sore ini, tiba-tiba aja semacam kena reminder.
Again???
Kok?
Tapi kalo reminder model beginian sih mau banget ‘cus bikin cerah di hati – gak kayak kalo abis baca kata-kata manis sang motivator yang semakin diikutin semakin gak kena sasaran :P *peace!

Jadi ceritanya nih, udah beberapa minggu ini kamar kesayanganku jadi ala-ala balai pertemuan RW gitu. Kalo pagi sih sepi – penghuninya ya cuman aku ku ku seorang..
Beranjak siang, sore, dilanjutkan malam harinya, kedatanganlah diriku (at least) 2 malaikat kecil – tetangga mepet rumah – bernama Ditong ‘n Nemblot... J

Itu panggilan kesayangan kita – seperti orang-orang demen pol panggil aku Mbak Ram, Mbak Rambo, Mbak Ambo, Mbak Hachimbo, dan kroco-kroconya.
Whatever lah, I get used to it, namanya juga panggilan kesayangan :P – malah aneh banget kalo nama-nama yang disebut di atas gak lewat kedua kupingku yang bolong ini. Hah?

Mbak Ditong punya nama lengkap Febyana Yulandita Utari – ini dijamin nama sebenarnya (keren kan! J) – 12 tahun, siswi kelas 1 salah satu SMP di daerah Bengawan Solo.. . Dia nih adiknya si Pendot – lil’ bro’ juga kalo di rumah :P.
Kalo Mbak Nemblot masih kelas 3 di SDN Purwantoro 6 Malang, namanya juga gak kalah keren loh – Elsavia Nency Herawati – berasa merinding aja baca nama anak jaman sekarang (red: berasa tua hahaha!
J).

Agenda kita?

Yang utama jelas ngerjain homework trus belajar, selebihnya ada bonusan buat mereka manfaatin free unlimited internet access di sini buat nge-game online (ini game online cewek semisal: ngerias-ngerias wajah, pake’in baju ke si cantik barbie, and so on and so on). Anehnya, walo namanya bonusan, kok (kadang) lebih lama maen gamenya ya? – hahaha tapi ini cuman terjadi sesekali aja loh – sumprit!!!.. .
Diriku kan tak mau mereka tersesat seperti..... J

Kita bertiga ini udah jadi semacam gerombolan si berat..
Ke mana-mana bertiga... (Ayah loh yang suka absen! J)
(*)ノヽ(*´)ノヾ(´^ω^)

Ke apotek!
Mereka nurut kalo akunya minta ditemenin (hahaa benar-benar penjajahan modern! J)

Beli snack ringan buat teman setia belajar.., permen Milkita, Choki-Choki, Sosis So Nice, Chiki, Mie-Mie-an dengan berbagai merk (Boyki, dkk), Teh Eco, dan merk-merk lain – pokoknya yang punya bungkus dirasa ngejreng aja langsung comot dah!

Maen game suka teriak-teriak bareng, “Muncruttttt!” (apalagi kalo bukan game Zombie VS Plant (_)‎‎Grrr>:O¤Grrr>:O¤Grrr)

Pun nyanyi-nyanyi bermodal sound system yang kubeli seharga IDR 320 ribu di HE – lagu apapun lah mulai dangdut Masa Lalu-nya Sonata, India Chammak Chalo-an, The Boys-nya SNSD ama Fox Rain-nya Lee Sun Hee “Syubidu-bidu-rafa-syubidu-bidu-rafa”, What Makes You Beautiful-nya One Direction, pindah ke yang lebih religi ke Number One For Me-nya Maher Zein, balik ke musik technonya Lady Gaga Eh Eh, Eh Eh, There’s Nothing Else I Can Say, sampai nyasar ke Alicia Keys punya lagu Try Sleeping With A Broken Heart – yang liriknya seharusnya dikonsumsi +18 (Ditong ngakunya tergila-gila ama nih lagu ‘n gak pernah absen muter di playlist HP-nya – oh my!???!?!).

Bahkan malem ini (01/12), mereka berencana nginep di kamarku. Boleh!! J

Enjoy aja tiap mereka dateng bawa buku seabrek, sambat kalo ada pe-er, stuck ‘n butuh pencerahan (eh, bukannya senang di atas penderitaan orang lain ya, Guys?! J). Jadinya, aku nostalgia deh – mengenang kembali teori-teori yang dulu amat sangat familiar sekali di kupingku, merecall sisa-sisa hapalan 10-15 tahun yang lalu (apaaaaa????? tuaaaaaaa!!!!) – dan rasanya (walopun pasti banyak juga ingatan pelajaran yang meluntur terkena imbas hapalan-hapalan baru :P) amazing banget kita dihadapkan pada ilmu yang sama – tapi dengan posisi yang berbeda (tau kan maksudnya?).

Kalo dulu kan kita adalah siswa yang cuman take for granted, belajar di-lep aja pokoknya nyantol terlepas dari metode apa yang dipakai. Nah, kalo sekarang karena kita posisinya jadi tukang ajar (bukan tukang hajar ya!) jadi berasa keren aja – hahaha J jadi cepet nangkep pelajaran adek-adek kita, jadi lebih mengkritisi soal, jadi bisa berkreasi ama cara ngerjain soal, jadi... banyak lah... (feel superior maksudnya?? :P)

Tapi emang bener kata Robert Heinlein, “When one teaches, two learn”.
Duh Maaah, makanya pengen bangettttt jadi teacher! J

Nah, proses belajar mengajar antara aku dan kedua ‘lil angels inilah yang selalu jadi point of interestku!.

Sering ya, waktu ngajarin mereka aku mikir kalimat-kalimat – “Wew, you two have the potencies!”, “Belajar itu proses dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, jadi harusnya menyenangkan kan?”, “Come on, you can do it”, dan turunan kalimat yang lain. Bahkan sebagian pikiranku ini aku ungkapkan juga ke mereka sebagai bentuk pujian, dengan harapan mereka tambah semangat gitu belajarnya  (з´`ε)

Dan sebenarnya,
Itulah aku sekarang..

Beneran!

Seperti ngelihat bayanganku sendiri di diri mereka..

Susah! Gak paham juga!
Bodoh banget sih!
Gila! Stresssss!
Ini soal apa...?
I’m not a native! Please, take it easy on me!
25 soal itungan 30 menit? Hellooooo??? Are you kidding me?
Tetep gak paham!
Niat nih??
Just kill meeeee!


Sejuta alesan..
Dan sejuta umpatan yang lain..

Yang malah bikin energi positif pada kabur entah ke mana..
Jadilah madekukisu alias masa depan ku kian suram :P

Susah?
Iya!
Tapi bukan berarti gak bisa kan!!?

Hmmm, iya sih...

So?

The choice is yours!

Fighting!!! JJJ



P.S: How I really miss my childhood-energy! L
I spent my 24/7 for studying and playing equally!!!
I wonder where it's gone...
L